Minggu, 09 Februari 2014

Istilah dalam Dunia KPOP



Kalo lo udah mutusin buat masuk ke dunia KPOP, lo harus siap dengan 3 hal: Galau, Uang, dan Internet.

Ketiganya itu komponen yang ga bisa dipisahin. Lo ga punya UANG, lo ga bisa buka INTERNET, lo ga buka internet, lo ga bisa tau info terkini dan aktivitas fangirling/fanboying lo bakal terhambat, ujung-ujungnya……. Lo GALAU!!

Tuh kan, uda gue bilang ketiganya itu udah satu komponen yang ga akan bisa dipisah, apalagi dituker kaya sinetron rcti -_-

Oh iya, kalo lo udah bertekad masuk ke dunia KPOP, gelar lo berubah otomatis jadi KPOPERS,. Inget ya, KPOP-ers!!! bukan KEPO-ers!!! ya meskipun jadi KPOPers itu kadang kepo *kayak gue* -_-

Kabar buruknya lo jadi KPOPers adalah lo bakal lebih sering galau dan banyak nge-hayal, kabar baiknya, lo ga akan dipungut biaya buat memperpanjang gelar KPOPers lo *Plak

Oke langsung ke intinya aja ya, gue kan mau bahas istilah dalam dunia KPOP, kenapa jadi curhat? -_-

Lo jadi KPOPers, lo fardhu ain buat tau istilah-istilah dibawah ini:


1. Fandom


Fandom ini semacam  komunitas yang bakal lo pilih. Contoh: kalo lo suka Armada, berarti fandom lo Pasukan Armada. Kalo lo suka KOTAK, berarti fandom lo Kerabat KOTAK -__- tapi ini dunia KPOP, ga ada Pasukan, Kerabat atau Sahabat. Yang bisa lo pilih itu semacam SONE (fans SNSD), VIP (fans BIGBANG), Cassiopeia (fans DBSK), ELF (fans SUPER JUNIOR), dan masih banyak lagi yang lainnya. Boleh aja lo punya fandom lebih dari satu, cuma konsekuensinya nambah fandom = nambah galau.

2. Fangirl / Fanboy

Kalo lo cewek, berarti lo disebut Fangirl. Kalo lo cowok, berarti lo disebut Fanboy. Tapi kalo lo cewek ke-cowok-cowok-an atau cowok ke-cewek-cewek-an gue ga tau lo disebut apa. Suer gue ga tau -_-

3. Bias

Bias itu member pilihan lo atau artis yang paling lo sukain. Bias itu kadang dianggap suami, istri, pacar, tunangan, bahkan selingkuhan -_- Contoh: “Bias lo siapa di EXO?” | “Kyungsoo” | “Kalo bias lo siapa?” | “Morgan :*” #okeinirandom

4. Fanwar

Ini nih yang gue ga suka di dunia KPOP, F.A.N.W.A.R. Fan artinya penggemar, War artinya perang. Jadi fanwar itu perang antar penggemar. Yang gue ga suka dari fanwar itu, kenapa mereka ga bawa parang, pedang, celurit atau bom molotov pas lagi fanwar. Kan ga seru kalau adu mulut doang, bikin tenggorokan kering, ujung-ujungnya lo ke warung beli mizone. Ngeluarin duit kan? Rugi kan? Saran gue kalo lo ikutan fanwar, langsung aja ke lapangan. Ngapain? Main bola HUAHAHA. Oke, intinya fanwar itu ga baik, cuma bikin image fandom lo rusak. Stop fanwar sedari dini!! *semacam slogan puskesmas* -_-

5. Intro

Nah ini sesuatu yang harus pake banget lo ketahui. Karena dulu pas awal gue jadi KPOPers, gue ditanya “Fan EXO ya?” | ”Iya :)” | “intro please”. Mampus, gue hening seketika, gue ga ngerti apa intro yang dia maskud. Intro lagu kah? Atau apa? Aaaaaa frustasi *acak-acak  rambut*. Gue ga kehabisan akal, gue ga tau dapet ilham dari mana *yang pasti bukan dari smash* tiba-tiba gue jawab “intro? Kamu duluan deh”. Akhirnya dia jawab “Ne, Siti imnida, yeoja, SONELFEXOTIC, Bali”. Oh gue mulai ngerti, ternyata intro itu semacem ngenalin diri kita. Formatnya sih bebas, tapi yang paling sering itu Nama(spasi)Jenis Kelamin(spasi)Fandom(spasi)Kota Asal kirim ke 7288 -_- intinya intro itu cara perkenalan lo sama KPOPers lain.

6. FF (fanfiction)      

Fanfiction tu cerita pendek/bersambung yg dibikin ama fans. Cast nya tentu saja para artis dan cuma fiktif belaka. Genre nya macem-macem sih, ada Sad, Romance, Fantasy, Yadong, Yaoi, Yuri, Friendship, de el el. Jujur aja dulu gue ga suka baca cerpen, karena ga ada gambar meskipun ada itu juga cuma satu dua. Gue dulu lebih suka baca komik. Tapi setelah tau menau (?) tentang fanfiction, gue jadi suka baca fanfic meskipun tuh cerita isinya tulisan semua -_- #curcol

7. FANCAM   
       
Fan camera. Maksudnya hasil video yg diambil ama fans. Biasanya sih isinya video berupa kegiatan si artis? bisa konser, fan meeting atau kegiatan yg di hadiri langsung oleh fans.

8. COMEBACK STAGE 

Performance setelah lama vakum, si artis kembali muncul diacara music tv. Biasanya perform-nya secara live/no lypsinc.

9. MV                

Music video, atau gampangnya aja dah video klip.

11. OTP              


One true pairing. Misal dalam 1 grup ada sepasang artis yang kelihatannya deket banget. Misalnya kayak BAEKYEOL (Baekhyun Chanyeol couple), TAENY (Taeyeon Tiffany Couple), de el el.

12. OT(ANGKA)       

One true (angka). Istilah yang dipakai kalau fans mensupport semua member dari suatu idol grup, kaga ada bias. Misalnya exo kan 12 member jadinya "OT12" , kalo GG 9 member berarti "OT9"

13. FANGIRLING/FANBOYING      

Melakukan kegiatan / hobi korea-koreaan. Misalnya nonton variety show, gabung forum, searching kpop news, nonton drama, dll. Bahkan lu tereak-terak gara-gara foto bias yang super duper keceh badai ulala~ itu udah bisa disebut fangirling/ '-'

14. Aegyo (애교)    


Bakat buat bergaya cute-cute.an. Bahkan idol namja pun juga biasanya ada yang jago aegyo misalnya Sungmin SUJU. Nah kalo queen of aegyo udah pasti Sunny Girls Generation.

15. Aigoo  

Ekspresi buat nunjukkin frustasi atau kelelahan, semacam ‘aduh’ lah kalau di Indonesia. Misalnya 'Aigoo peer gue banyak banget' , 'Aigoo nih orang kaga bisa diajak bercanda ye'. Ya semacam itu '-'

16. All-kill      

Saat lagu atau album artis meraih posisi #1 di semua situs download musik, seperti Melon, Dosirak, dan Soribada. Sebuah all-kill di chart harian (di hari perilisan baru) adalah normal untuk grup2 populer. All-kill di chart mingguan dan bulanan lebih sulit.

17. Anti-fan            

Disingkat menjadi “Anti”, adalah seseorang yang menyatakan kebenciannya terhadap seorang selebriti.

18. Eye-Smile 


Karakteristik wajah yang populer dimana lengkungan mata membentuk bulan sabit saat tersenyum. Ga semua idol kpop punya eye smile loh. Salah satu yang paling terkenal sih eye smile nya Tiffany, keliatan natural dan ga dipaksain. '3'

19. Hwaiting  (화이팅) 

Frase buat nyemangati seseorang. Semacam 'Fighting' lah.

20. Lightstick


Salah satu barang yang fans miliki sebagai ciri khas fandom dari grup atau penyanyi tertentu (baik yang resmi maupun hasil kreasi fans), berupa stick yang menyala dalam gelap, digunakan untuk menyemarakkan konser. Tiap grup idola memiliki bentuk dan model lightstick yang unik, khas, dan berbeda.

21. Maknae (막내) 

Member termuda dari sebuah grup. Misalnya Sehun EXO, Seohyun GG, Kyuhyun SJ, de el el.

22. Repackaged Album 

Saat sebuah full album kembali dirilis dengan beberapa lagu title, ditambah lagu2 lain dan versi remix. Biasanya dirilis tak lama setelah promosi untuk lagu title pertama (dari full album) berakhir.

23. Rookie  

Suatu grup atau penyanyi yang baru debut. Mereka biasanya membawa label ‘rookie’ (pendatang baru) selama satu tahun.

24. Ssasaeng Fans

Istilah buat fans obsesif yang mengikuti selebritis favorit mereka sepanjang hari. Mereka mirip dengan penguntit (stalker). Bahkan mereka rela meninggalkan sekolah hanya untuk mengikuti idol mereka. Duh parah, jangan ditiru ye.

25. Selca  

Gabungan dari kata “self” dan “camera”, yaitu foto2 yang diambil sendiri, biasanya dengan becermin. Para bintang cenderung memposting foto2 jenis ini di akun2 twitter atau me2day mereka.

26. Trainee 

Istilah untuk penyanyi/bintang selama tahun2 training mereka. Mereka disebut demikian sampai tiba saat debut resmi. Lamanya masa training bervariasi, tapi biasanya lebih dari 2 tahun. Ada juga yang sampe 7 tahun, misalnya Suho EXO.

27. Triple Crown 

Nama penghargaan saat sebuah lagu dari artis menang 3 minggu berturut2 di program2 musik M! Countdown dan Inkigayo. Lagu yang memenangkan telah ‘Triple Crown’ tidak bisa menang lagi, sedangkan Acara Music Bank tidak membatasi jumlah kemenangan.

28. Ulzzang 

Berarti “berwajah cantik/tampan”. Istilah ini biasanya dipakai oleh netizen untuk menyebut orang2 dengan penampilan menarik atau fotogenik. Di Korea bahkan diadakan kontes ulzzang, dimana para peserta yang umumnya berpenampilan biasa mampu berubah menjadi ulzzang yang cute mirip boneka hanya dengan trik2 make up.

29. Subunit


Grup lebih kecil yang dibentuk dari member2 sebuah grup yang lebih besar untuk perilisan musik atau suatu proyek. Beberapa subunit yang terkenal :

          Super Junior-M : Super Junior
          Trouble Maker : Hyuna (4Minute) & Hyun Seung (BEAST)
          Orange Caramel : After School
          GD&TOP: Big Bang
          Sistar19 : Sistar
          TTS : Girls Generation

30. Hanbok  


Pakaian tradisional Korea. Umumnya dicirikan dengan warna-warna-nya yang cerah dan garis2 sederhana tanpa saku. banyak idola biasanya melakukan pemotretan dengan mengenakan hanbok untuk Chuseok.

Sumber:  http://herusulansyah.wordpress.com/ , http://yeppopo.wordpress.com/

18 komentar:

Anonim mengatakan...

gomawo ~^^

Anonim mengatakan...

Terima kasih! Sangat membantu sekali...
Kamsahamnida! ^^

unboxingmystuff mengatakan...

membantu bgt hahah, baru jadi fans kpop 1 tahun yang lalu haha

Kiyai kanjeng dimas taat pribadi mengatakan...

SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<






SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<

Marshmallow Gosong mengatakan...

Sampe sekarang gue masih make istilah Selca dari pada Selfie, udah melekat banget sih, kadang orang bingung pas gue bilang "Selca dulu yuk" hahaha. Thanks infonya chingu, eh mampir yuk ke blog gue :D https://marshmallowgosong.wordpress.com/2016/07/04/kpop-era/

Anonim mengatakan...

gue sering dikatain BEDA ama temen2 karna sering gunain kata2 khas kpopers. *maklum kpop minoritas di lingkungan sekolahan gw and gw satu-satunya kpopers di kelas- T.T dari smp sampai gue sma ,,,, kadang kalo gue cerita kpop mereka cuma ohhhh....
#sakitt#curcol bahkan kamar gue yang full of benda kpop(poster dll) sama uri aboji di masukin kardus..dan BOOM masuk gudang-aboji gak suka korea- T.T #nyesek and semua file korea gw di DELETE....
cobaan gw jadi kpopers berat banget kan guys....

Siti Hadijah Latuconsina mengatakan...

gomawo admin-nim, kayanya miminnya EXO-L & SONE :V

kalo exol brarti kita se fandom

Anonim mengatakan...

Annyeong...

Hahahaha nasib anak kpopers suka gini ye. Pasti ketahui dulu istilah-istilahnya. Dulu aku sering lho dikata "4D" atau "ALIEN" atau "4 CHARACTERS" dan yang laen dah. Soalnya suka banget BEDA pendapat atau BEDA bahasa dan paling nyesek aku cuma atu atunya kpopers. Mungkin dari situ banyak julukan dari kawan kawanku hahahaha... SALKEN YA NO FANWAR hehehe

Anonim mengatakan...

Kak kalo tube inc itu apa ya? Trus klo Dom itu apa?

Julianita Purnama mengatakan...

gomawo teman infonya, sangat bermanfaat buat kpopers .

salam,

Farah Bernadina mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Farah Bernadina mengatakan...

Hai...
Saya mau tanya kalau istilah NC itu apa ya?

yuni prawitri mengatakan...

Gomawo mimin

Nonton K-Drama gratis mengatakan...

Hi Chingu.. Infonnya berguna bgt..
Aku mau share tempat nonton k-drama yg oke bgt n ga banyak iklannya..
www.nontonyuks.com
Gomawoo..

Aphro.yt_ mengatakan...

http://albertacollections.blogspot.co.id/p/baju-wanita_15.html buat penggemar girl/boy band korea

nayara saffa mengatakan...

Gomawo min^^. Btw itu snsd OT9 kok baper ya:(

nayara saffa mengatakan...

Gomawo min^^. Btw itu snsd OT9 kok baper ya:(

Dara Nante mengatakan...

Wah... makasiiiih banget infonya...
Sangat bermanfaat
izin share yaaa...

Posting Komentar